Sukses

Gatal di Selangkangan

25 Feb 2014, 09:50 WIB
Wanita, 20 tahun.
malam dok,, saya ada yang saya ingin tanyakan, selangkangan saya pernah gatal'' dan jika sudah sembuh menimbulkan bekas menghitam sedikit mengkerut,itu kadang terjadi kadang juga tidak,apa kah itu memang menular pada bagian lain? soalnya saat ini bibir vagina saya juga menjadi ikut gatal'' dan sedikit bentol'' tepat di sebelah luka gatal selangkangan saya, namun terasa gatal jika malam hari saja, saya sudah membiasakan ganti pakaian dalam 2kali sehari jika dlm keadaan berkeringat/lembab saya bs menggantinya 3kali sehari.. sebaik'nya apa yang harus saya lakukan? saya memang keputihan namun tak pernah berbau busuk/menyengat,berwarna hijau/kecoklatan ataupun terasa panas,keputihan saya hanya gumpalan putih susu tanpa efek apa'' dan itu hanya terjadi saat sesudah haid dan sebelum haid.. apa itu bisa berkaitan? trimakasih (perempuan 20thn)

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Selangkangan merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah selangkangan seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat.

Jika saya lihat, berat badan Anda termasuk ke dalam kategori obesitas dengan indeks masa tubuh (IMT) 35,2. Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kondisi kulit yang mudah lembab dan berkeringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Bersihkan daerah selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering. 
  • Ganti celana dalam setiap hari. 
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
  • Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat

Segera periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pengobatan. Jika memang terbukti ditemukan adanya infeksi jamur, maka Anda akan mendapatkan salep jamur dan obat untuk mengurangi rasa gatal. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar