Sukses

Pertolongan Pertama Saat Kejang

20 Oct 2014, 08:26 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok saya mau nanya nih, tetangga saya tiba2 kejang dan tak mampu berbicara. Matanya tertutup dan berair serta mengorok.. Tensi darahnya 220/120,, pertolongan pertama yang dilakukan itu apa dok ??
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda atas kondisi yang dialami oleh tetangga Anda. Epilepsi atau kejang adalah sebuah gangguan saraf kronik yang ditandai oleh kejadian kejang berulang akibat gangguan aktivitas listrik di otak. Setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Epilepsi dapat timbul dari perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Namun tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan EEG.

Terapi epilepsi sebaiknya dilakukan sedini mungkin setelah diagnosis epilepsi ditegakkan. Terapi pilihan untuk epilepsi adalah dengan pemberian obat antikejang. Jenis obat yang dipilih disesuaikan dengan jenis dan variasi kejangnya. Kebanyakan pasien hanya memerlukan satu jenis obat (monoterapi), meski masih terdapat beberapa yang memerlukan dua jenis obat antikonvulsan atau lebih.

Sampai saat ini, epilepsi belum dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan obat-obatan yang mencegah terjadinya epilepsi. Operasi untuk menyembuhkan operasi pun termasuk salah satu operasi yang sulit. Prosedur pembedahan hanya dipertimbangkan sebagai salah satu terapi pada kasus-kasus yang tidak responsif terhadap pengobatan antikejang. Selain pembedahan, masih ada beberapa metoda lain , yaitu:

  1. Diet ketogenik (diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat). Mekanisme tidak diketahui dan terutama diterapkan pada kasus epilepsi berat.
  2. Stimulasi elektrik

 

Kemungkinan tetangga Anda mengalami kejang akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan jika terjadi kejang lagi adalah sembari menghubungi ambulans atau petugas medis adalah, membaringkannya di tempat yang aman (jauh dari benda-benda tajam/situasi berbahaya), memiringkan atau memosisikan ke kanan/kiri (jangan dibaringkan terlentang karena beresiko menutup jalan nafas. Jika terdapat ludah/cairan, bersihkan agar mencegah penyumbatan jalan nafas (pastikan sewaktu Anda membersihkan, Anda menggunakan waslap tebal, untuk menghindari resiko tergigit. Jangan memberikannya minum/makan karena dapat beresiko tersedak. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)


Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar