Sukses

Benjolan di Leher

22 Feb 2014, 05:31 WIB
Pria, 21 tahun.
mau tanya ni dok, di sekitar leher sya banyak tumbuh benjolan2 dok, awal di di bawah rahang dok, dan tu sudah dua tahun yang lalu dok, klo di di pijet2 tu malah skit dan tambah besar dok, dan anehnya lagi skrang muncul llebih banyak lagi dok, yang lainnya keras dok, dan ad 1 yang paling besar dok, di leher bagian belakang, tpi ini agak berbeda dok, teksturnya agak lembut dan kekeras2an dok. dan sya tidak pernah periksa ke dokter. kira2 itu smua ap ya dok? dan ap itu smua berbahaya jika di biarkan dok? mohon penjelasannya dok,, trimaksih banyak dok atas perhatiaanya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Sudah berapa lama benjolan ini tumbuh? bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar tidak gbenjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda  memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar