Sukses

Penyebab Bau Mulut

20 Feb 2014, 11:56 WIB
Pria, 41 tahun.
Mulut saya kata orang bau sekali, sehabis makan, tidak bau , setelah 10menit, bau lagi. Saya sudah ke dokter gigi, dan tidak ditemukan kelainan / lubang / gusi bengkak. Saya juga pernah diberi obat untuk maag, pdhl saya tdk punya sakit maag. Tetapi tidak menolong, mulut tetap bau. Pernah juga saya di-diagnosa jika usus saya kekurangan enzim.... saya lupa, sehingga menyebabkan nafas bau. setelah diberi obat, juga tidak sembuh. 1. Apakah mungkin timbulnya bau dari tenggorokan ? krn saya sering mengeluarkan riak, dan kadang merasa tenggorokan saya bengkak, meskipun jika menelan, tidak terasa sakit. 2. Atau mungkinkah karena lever ? Sgpt dan Sgot saya baik, hanya kuatir saja. Terimakasih, dan mohon solusinya, krn ini sangat mengganggu saya ketika berbicara, shg saya harus memkan permen sebelum bicara, bahkan terkadang saya pake listerine dulu sebelum berbicara. Itupun hanya bertahan paling lama setengah jam.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami sangat memahami ketidaknyamanan yang anda rasakan, Dalam usaha untuk menghilangkan bau mulut harus dianalisa terlebih dahulu penyebabnya baru bau mulut dapat diatasi. Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis secara umum disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik), yaitu:

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut. 
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik .
  • Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia (mulut kering).
  • Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • kebiasan merokok.
  • konsumsi makanan tertentu.

Mengenai keadan yang Anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter umum karena mengingat pada pemeriksaan sebelumnya di dokter gigi tidak ditemukan penyebabnya. Dan sebaiknya Anda juga jangan terlampau sering menggunakan obat kumur karena tidak baik bagi kesehatan rongga mulut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar