Sukses

Menyusui Hanya dari Sebelah Payudara

21 Feb 2014, 13:13 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok,sya ibu menyusui, tp ank sya hnya mnyusui seblh kanan. Saja, dn payudara sya yg knan lebih besar, apakah bahya. Pyudara sya yg kiri krna tdk dsusui bsa mnybbkan kanker, sya mrsa pydra kann sya lbih berat dan klw sya tekan pd bggian ats agak mndekat ketiak syaa merasa nyeri yg mnjalaar ke lengan knan dok. Apakah tdk apa2 dok. Mngingat payudara. Sya besar sblah

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berapa usia bayi Anda? Kami kurang memahami alasan Anda tidak menyusui dengan payudara sebelah kiri karena takut menyebabkan kanker atau memang sudah terdapat kanker pada payudara kiri ibu?

ASI yang terbaik adalah ASI ekslusif yang diberikan selama 6 bulan pertama. Kasus bayi hanya ingin menyusui hanya dari payudara kiri atau kanan saja memang serig terjadi. Akibatnya, pada payudara yang tidak disusui dapat timbul rasa nyeri karena ASI tidak dikeluarkan. Produksi ASI pada payudara yang tidak menyusui juga akan semakin berkurang, sehingga Ibu seringkali bingung payudaranya besar sebelah. Sebenarnya ukuran payudara akan kembali setelah masa menyusui berakhir. Namun sebaiknya, bayi menyusui dari kedua payudara secara bergantian dengan jumlah frekuensi sama, hal ini bertujuan agar jumlah ASI yang dihasilkan sama pada kedua payudara. Agar ASI memiliki kuantitas dan kualitas yang bagus, ibu harus rajin menyusui, makan makanan bergizi seimbang, makan dengan porsi yang cukup dan teratur, cukup istirahat dan hindari stres.

Berikut kami lampirkan artikel seputar menyusui:

Cara Menyusui Yang Benar

Menyusui Selamatkan Ibu dari Kanker Payudara

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

5 Info Seputar Menyusui 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar