Sukses

Alergi Kulit Pada Anak

19 Oct 2014, 20:29 WIB
Wanita, 39 tahun.
Dokter Yth.... Kedua anak saya A (5,5th) dan B (2,5th) baru-baru ini divonis oleh dokter menderita asma kulit. Gejalanya berupa bercak kemerahan di wajah, bokong, lipatan kulit tangan & kaki, biasanya timbul bila cuaca panas, atau usai menyantap telur puyuh, telur ayam negeri atau ikan laut. Obat yg diberikan oleh dokter berupa salep racikan, Cetirizine syrup & pelembab khusus sbg pencegahan. Yang ingin saya tanyakan: (1) apakah asma kulit ini akan berlangsung seumur hidup, ataukah akan berkurang seiring usia? (2) Dokter berpesan bhw meskipun gejala akan terulang bila anak2 makan makanan tertentu, namun makanan2 tsb tdk perlu dipantang krn anak2 msh membutuhkan asupan gizi yg tinggi, termasuk dr makanan2 tsb. Benarkah demikian? (3) Apa saja makanan anti-alergi yg aman dikonsumsi anak2 saya? Terima kasih atas informasinya :-)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Di dalam dunia kedokteran kami tidak mengenal istilah asma kulit. Alergi memang dapat terjadi di kulit (dermatitis), saluran pernapasan (asma), hidung (rhinitis).

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Setiap orang dapat memiliki kerentanan yang berbeda-beda terhadap alergen. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda. 

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan dan menghindari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. 

Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap gatal dan infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

 

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.
  • Hindari mandi dengan air hangat/panas karena akan membuat kulit kering.

Coba terapkan tips di atas dan lanjutkan pengobatan yang sudh diberikan dokter anak Anda. Tidak ada makanan anti-alergi, jika alergi muncul dapat diberikan antihistamin seperti CTM, cetirizine atau loratadin. Jika yang Anda maksud adalah makanan yang tidak menimbulkan alergi, hal tersebut dapat berbeda-beda untuk setiap individu. Bisa saja kakaknya alergi kacang tapi adiknya tidak alergi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perhatikan apa saja makanan pemicu alergi dan sebaiknya hindari makanan tersebut. Jika anak Anda alergi terhadap ikan lau jenis A bukan berarti ia alergi terhadap semua jenis ikan laut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar