Sukses

Nyeri Pada Puting Susu

19 Oct 2014, 19:28 WIB
Wanita, 22 tahun.
siang dok, saya mau tanya dok, kenapa puting saya pernah sekali mengeluarkan cairan seperti asi dok, sedangkan saya belum punya anak dan belum menikah. itu pertanda apa ya dok? apakah saya punya penyakit serius dok? thanks
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami memahami kondisi yang Anda alami. Sejak kapan keluhan tersebut anda rasakan?apakah ada keluhan lain?apakah anda sedang hamil/menyusui?

Bila anda tidak sedang hamil atau menyusui Keluar cairan darah dari puting susu kemungkinan disebabkan adanya peradangan pada payudara Anda. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri karena tidaklah normal untuk keluar cairan dari puting, terutama apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui. Mungkin yang perlu digali lebih dalam adalah apakah cairan tersebut memang keluar dari dalam puting ataukah terdapat perlukaan di sekitar puting sehingga mengeluarkan darah? Lalu adakah riwayat benjolan payudara (jinak maupun kanker) di dalam keluarga Anda? Adakah keluhan lain seperti nafsu makan berkurang dan berat badan berkurang signifikan beberapa bulan terakhir?

Nyeri puting payudara dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar. Jika nyeri payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Untuk keluhan ini kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah onkologi dimana akan dilakukan evaluasi lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yaitu USG Payudara untuk memastikan keluhan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter 

0 Komentar

Belum ada komentar