Sukses

Kontrasepsi Suntik

19 Oct 2014, 09:06 WIB
Wanita, 24 tahun.
dok saya mau bertanya, saya sudah sebulan lepas KB, saya lepas KB karna ingin mengganti kb suntik dari yg 3 bulan sekali ke kb yg sebulan sekali, bidan menyarankan sebelum melanjutkan suntik KB pastikan saya untuk haid terlebih dahulu, saya sempat 2x mengalami flek, apa itu termasuk haid apa tidak ya dok?? lalu apa flek tersebut bisa menjadikan saya hamil ketika saya berhubungan badan dengan suami setelah bersih dari flek dok? apa saya sudah subur kembali atau belum??, mohon penjelasannya ya dok, terimaksih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Salah satu efek sampingnya memang adalah perdarahan yang tidak teratur. Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid.

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Sebenarnya tidak ada patokan harus mendapat haid sebelum mengganti metode kontrasepsi.

Kami sertakan artikel: Keluarga Berencana untuk informasi Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar