Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh

17 Feb 2014, 17:06 WIB
Pria, 25 tahun.
Saya seorang mahasiswa di Univ. Negeri di Jawa Timur. Selama seminggu lebih saya menderita batuk2 disertai mual dan muntah. Untuk masalahan makan sehari-hari saya cenderung memilih roti, karena makan nasi cenderung meningkatkan resiko muntah2 setelah makan. Keadaan makan yg tidak teratur membuat badan juga lemas. Saya sudah membeli obat di apotik dan diberi Halmezin ( sirup ) untuk batuk, dan Primperan ( metoclopramide ) untuk mencegah mual. Memang obat tersebut bekerja namun cenderung jangka pendek karena batuk dan mual cenderung masih sering datang. Salah satu kondisi lain adalah nyeri di pangkal lengan kiri dan kanan yang juga tak kunjung sembuh. Nyeri terkadang terasa karena menarik nafas panjang, memnyebabkan tidur juga tidak bisa nyenyak ( insomnia ). Menurut dokter kira2 batuk saya hanya karena faktor kelelahan ( mengingat awal mula batuk memang karena faktor pekerjaaan yg banyak dan perjalanan panjang ) atau merupakan pertanda suatu penyakit yg lebih kritis ? Mohon jawabannya, Trimakasih dan Sukses Selalu.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima Kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda dengan batuk yang tidak kunjung sembuh, terlebih disertai gejala mual dan muntah. Apakah batuk Anda terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak? Demam? Penurunan berat badan? Apakah Ibu ada riwayat asma/alergi/ maag?  

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau        terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan tubuh serta penunjang entah Xray ataupun darah. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar