Sukses

Sakit Kepala Saat Berhubungan Seks

19 Oct 2014, 06:41 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat Pagi Dok, Dok kenapa ya setiap kali berhubungan badan dengan suami saya merasakan sakit kepala (bukan pusing) apa penyebabnya Dok?? apakah itu berbahaya Dok ?? Terimakasih Dok semoga bisa membantu.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Penyebab sakit kepala dapat berbagai macam. Dari gangguan susunan saraf pusat (otak), tekanan darah, metabolisme, bahkan mata dapat menimbulkan gejala sakit kepala. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, sayangnya kami belum dapat memastikan penyebab sakit kepala Anda. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga dapat digali dengan jelas apa penyebab atau pencetus dari keluhan Anda, karena dengan mengetahui penyebabnyalah kita dapat menghindari terjadinya sakit kepala. Keluhan sakit kepala saat berhubungan seks sebenarnya bukan keluhan yang spesifik. Namun dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti perasaan tidak relaks, tekanan psikis atau emang ada penyakit lain yang mendasari.

Pada sakit kepala tipe cluster, pusing terjadi dalam waktu yang singkat dan berulang secara periodik. Pada tipe cluster dalam 4-8 minggu terjadi sakit kepala 1-2 kali perhari dan selama sakit lokasinya didaerah sekitar mata. Pasien biasanya mengeluh nyeri di atas dan dibelakang mata. Jenis sakit kepala lainnya adalah sakit kepala yang disertai kontraksi otot (tension headache), ditandai oleh nyeri seperti terikat didaerah sekitar pelipis, kadang-kadang menjalar ke kepala bagian belakang dan ke daerah dahi. 

Untuk langkah pertama, Anda dapat menilik terlebih dahulu dari pola hidup Anda. Apakah akhir-akhir ini Anda merasa terbebani dengan pekerjaan atau permasalahan hidup yang membuat Anda menjadi stress? Telaah kembali pola makan, adakah makanan dari daftar makanan yang Anda konsumsi lebih banyak dari sebelumnya? Cobalah untuk sedikit merelaksasi tubuh dan pikiran Anda. Jika sakit tak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas dalam dosis anjuran. Namun jika sakit tidak membaik dan timbul lebih sering, segera hubungi dokter spesialis syaraf. Jika diperlukan kemungkinan dapat dilakukan pemeriksaan seperti MRI atau CT Scan.

Untuk sementara, kami sarankan Anda menjalani pola hidup yang sehat dengan:

  1. Makan teratur (3x/hari)
  2. Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)
  3. Olahraga (3-4x/minggu, masing-masing sesi 30 menit)
  4. Tidak merokok atau hindari paparan asap rokok atau asap polusi

Berikut artikel yang berhubungan dengan sakit kepala yang dapat Anda akses:

Sakit Kepala (Headache)

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.(AN) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar