Sukses

Sumbatan Hidung & Telinga
20 Oct 2014, 09:35 WIB
Pria, 17 tahun.
siang dok. ass saya mau nanya nih, tentang penyakit yang dialami adik saya, adik saya merasakan ada seperti ingus/lendir yang berada di dalam antara hidung dan telinga dan ini sudah 1th tidak hilang-hilang,yang mana menyebabkan telinga kiri dia merasa tertutup seperti tuli gitu,dan ketika dia tidur menghadap kanan,telinga kiri dia kembali merasa terbuka,dan pendengaran menjadi normal.tetapi ketika berdiri telinga kiri menjadi tertutup kembali, Dan sudah di bawa ke dokter spes THT ,dokternya bilang tidak ada apa" dan hanya di beri obat tetes hidung,sampai sekarang penyakit nya tidak hilang".
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih  telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Adik Anda.

Penyebab hidung tersumbat yang juga menyebabkan sumbatan telinga, ada banyak sekali, bisa dari alergi, atau infeksi. Jika keluhan hidung disebabkan karena infeksi, maka umumnya lendir berwarna kehijauan dan kental. Namun jika disebabkan oleh reaksi alergi umumnya sekretnya cair.

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang keluhan hidung tersumbat yang umumnya dialami masyarakat. Sering pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit.

Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi.

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul

Rinitis Alergi.

Kami sarankan agar adik Anda kontrol kembali ke dokter THT untuk memastikan efek pengobatan dan evaluasi ulang untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. (JF)

Salam

Tim redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar