Sukses

Gatal Puting Payudara

15 Feb 2014, 13:17 WIB
Wanita, 22 tahun.
Assalamu'alaikum.. dok, saya punya masalah di kulit payudara saya. sebelumnya saya jarang mengenakan BH karena saya menyusui. setelah saya diterima bekerja, setiap hari dari pagi sampai sore saya selalu mengenakan BH yang tidak ketat, malamnya saya tidak mengenakannya. sejak hari pertama saya mengenakan BH itu kulit payudara saya terasa gatal sekali, sehingga ketika sampai rumah langsung saya garuk, hingga muncul kemerahan dan gatal sekali. apa yang harus saya lakukan? dan apakah jika saya garuk hingga merah akan menyebabkan tumor atau kanker payudara? demikian yang saya tanyakan, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan yang Anda rasakan berupa gatal pada puting payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. Kami menduga gatal tersebut kemungkinan timbul akibat iritasi dari pakaian dalam yang Anda kenakan.

Untuk itu, Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).
  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar atau terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.
  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.
  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal. Gatal pada puting payudara yang digaruk tidak akan menyebabkan tumor atau kanker payudara. Namun, jika keluhan terus mengganggu dan berlanjut maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar