Sukses

Liken Simpleks Kronik

13 Feb 2014, 12:54 WIB
Wanita, 28 tahun.
Salam dokter, saya mau tanya dok, sudah 2 thn lebih kulit pada 2 jari tangan yaitu tepatnya jari telapak tangan kelingking dan jari manis kanan, mengalami kulit keras, mengelupas dan gatal tetapi sembuh dengan sendirinya kurang lbh sudah 1 tahun. dan sekarang kurang lbh sudah 6 bulan muncul kembali ke kulit jari tangan tengah dan jempol, sudah pernah konsultasi ke dokter kulit dikasih minum obat dan salep, sembuh tapi obatnya habis sekarang muncul lagi dan bertambah parah karena jari kelingking dan jari manis yg tadihnya sembuh sekarang muncul kembali, dikasih obat herbal juga tidak kunjung sembuh. gimana dok cara penyembuhannya supaya tidak mengulang kembali.karena untuk berjabat tangan dengan orang rasanya malu sekali karena kulit tangan terasa kasar. terimakasih dok.

 Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami membutuhkan informasi mengenai gambaran kulitnya, ukuran, warna, nyeri, bernanah/berair, dsb. Apakah ada pemicu gatal, seperti stress/kontak dengan benda tertentu? Apakah ditemukan di bagian tubuh yang lain? 

Untuk sementara kami menduga keluhan Anda termasuk neurodermatitis/liken simpleks kronik. Neurodermatitis/liken simpleks kronis adalah penyakit peradangan kronis pada kulit, gatal, sirkumskripta, dan khas ditandai dengan likenifikasi (penebalan kulit). Kebiasaan menggaruk berulang akan menyebabkan trauma mekanis pada kulit dan menyebabkan penebalan kulit. Faktor risikonya adalah kulit kering, riwayat alergi, dan cemas/stres.

Pengobatannya dengan obat kortikosteroid topikal (oles) dan antihistamin/anti gatal (CTM, loratadin, cetirizine). Keluhan akan terus berulang jika faktor pencetus tidak dihindari. Setelah dilakukan pengobatan atau dinyatakan sembuh, selalu oleskan pelembab terutama di daerah tangan dan kaki secara rutin. 

Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan dan kaki
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan, garukan hanya akan memperparah keadaan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Namun semuanya masih kemungkinan, untuk memastikan diagnosis, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar