Sukses

Kesuburan Setelah Berhenti KB Suntik

20 Oct 2014, 08:30 WIB
Wanita, 27 tahun.
hai dok saya suntik KB yang 3 bln selama 3x suntik gak pernag haid. tapi setelah sy lepas haid tgl 8 januari 2014 kemarin, sy haid di tgl 6 februari 2014 tapi hanya 2 hari saja dok. setelah itu muncul flek dan 3 hari kemudian sudah bersih. apakah sy bisa cepet hamil lagi dok? soalnya ada yang bilang kalo lepas KB suntik 3bln bisa lama untuk dapat keturunan. apakah benar dok? tlg bantuan nya dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Kesuburan tidak akan langsung kembali setelah penghentian KB suntik. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Maka, yang saat ini dapat Anda lakukan adalah menunggu serta mempersiapkan diri untuk kehamilan. 

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar