Sukses

Menghitung Masa Subur

12 Feb 2014, 14:29 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat pagi KlikDokter saya fransiska, saya sudah menikah tahun 2013.Program saya dan suami ingin memiliki momongan di tahun ini, kami sudah mencoba dari bulan januari tetapi belum berhasil. Mohon bantuannya karena saya bingung dengan cara menghitung masa subur. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Bila memang Ibu dan Suami sedang progam hamil, maka memang pada masa subur bila Ibu berhubungan seksual maka kemungkinan untuk hamilnya besar bu. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur (28 hari), waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar