Sukses

Pertumbuhan Tinggi Badan

19 Oct 2014, 11:11 WIB
Pria, 27 tahun.
Hi Dok, Maaf kalau saya bertanya di kategori yang tidak tepat. Saya pria 27th dengan tinggi 172cm, dalam usia saya sekarang tentunya masa pertumbuhan sudah berakhir kan? Nah saya ingin meninggikan tubuh saya sampai 175-180cm, karena saya masih merasa kurang tinggi. Saat ini dengan berolahraga, saya tidak bertambah tinggi. Saat saya browsing ternyata di internet banyak yang menjual obat peninggi badan, yang katanya bahkan bisa untuk usia diatas 30th. Obat2 tersebut bervariasi, dari yang murah sampai yang sangat mahal. Sebenarnya saya tidak percaya karena tidak ada satu pun yang memberikan foto bukti, namun karena ada merek obat tertentu yang sangat mahal (import), saya jadi bingung dan ingin menanyakan langsung kepada ahlinya. Pertanyaan saya: 1. Dapatkah saya bertambah tinggi lagi dalam umur saya ini? jika iya, bagaimana caranya? 2. Benarkah obat2 peninggi badan yang banyak beredar dipasaran itu berkhasiat? Tolong dijawab ya Dok. Terima kasih sebelumnya :) Best regards, Kris
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang ilmu dasar pertambahan tinggi. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun .Namun menutupnya lempeng pertumbuhan secara objektif harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. proses pemadatan tulang dewasa akan berhenti sampai usia 35 tahun sehingga pada usia lanjut tidak mudah terjadi osteoporosis (terutama pada wanita). Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal di butuhkan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Semua vitamin tersebut terangkum dalam makanan yg mengandung protein. baik itu protein hewan atau nabati, serta unsur sayuran hijau. contoh protein hewani yaitu: daging, ayam atau ikan,kerang, cumi, serta putih telur. contoh protein nabati yaitu: tahu tempe dan kacang2an kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dsb.Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.

Tentang obat-obat yang dijual di pasaran, kami tidak tahu menahu mengenai kandungan obat tersebut, namun teori tentang berhentinya pertumbuhan tadi sampai hari ini belum berubah, jadi kami bisa pastikan Anda tidak akan bertambah tinggi lagi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (AK)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar