Sukses

Gonorrhea

07 Feb 2014, 12:38 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok saya bbrp waktu terkena gonore dok dengan gejala awal 1. Freq. Buang air kecil meningkat 2. Ketika buang air kecil agak nyeri 3. Keluar tetesan cairan seperti nanah dari alat vital saya Tapi saya pada saat itu langsung berobat di berikan suntikan antibiotik dan di berikan bbrp obat Thiamcyin 500 mg 4x1 dalam 2 jam u/ 2 hari Cravit levofloxacin 2x1 u/ 3 hari pada hari pertama freq. Buang air kembali normal dan rasa nyeri ketika buang air berkurang serta berkurangnya freq. Keluarnya nanah pada hari ke 2 rasa nyeri hilang dan nanah tidak keluar hari ke 3 terkadang terasa gatal di ujung alat vital dan ketika obat habis saya konsultasi lagi dengan dokter yang berbeda karena saya berada di daerah berbeda dengan membawa obat yang sebelumnya Dan saya di berikan obat Azithromycin 500 MG 1x1 u/ 3 hari Cetirizine 2HC1 10 mg di minum di minum ketika gatal saja Nah yang saya ingin tanyakan Apakah saya sudah sembuh atau belum dok. Dan kenapa terkadang menjadi gatal Trims
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menjelaskan mengenai Gonore.

Gonore / Kencing Nanah / Raja Singa merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Antibiotik yang diberikan dapat berupa suntikan atau obat minum yang diberikan dalam dosis tunggal. Selama pengobatan tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual.

Penyakit ini dapat disembuhkan dan tidak memerlukan rawat inap. Pada Pria, Gonore dapat menyebabkan epididimitis (inflamasi pada saluran pengeluaran sperma) yang dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan) jika tidak ditangani dengan baik. Gonore dapat menyebar melalui darah dan sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa. Sebagai tambahan, penderita Gonore dapat lebih mudah terjangkit HIV.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Gonore, Anda dapat memperluas pengetahuan penyakit ini disini.

Untuk kasus Anda, apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan terhadap keluhan Anda sekarang? Jika belum, kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat di wilayah Anda. Karena bagaimanapun langkah awal untuk pengobatan dari keluhan Anda adalah menentukan dahulu jenis penyakit/gangguan yang Anda alami dari diagnosa dan hasil anamnesis (pemeriksaan komprehensif). Dalam mengobati gonore digunakan Antibiotik dosis tinggi, dan jika Anda mengonsumsinya tanpa arahan dokter dikhawatirkan hal tersebut membuat Anda resisten terhadap penyakit Anda. Terutama sekarang banyak sekali kasus dimana terjadi resistensi antibiotik untuk penyakit ini (kuman tahan terhadap antibiotik) jadi sebaiknya memang Anda bertemu dengan dokter dulu. 

Untuk pencarian dokter, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER ANDA yang terdapat di sebelah kiri atas halaman utama Klikdokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar