Sukses

Diabetes Mellitus

06 Feb 2014, 17:30 WIB
Pria, 44 tahun.
Dokter, saya mengalami penurunan berat berat, dalam 2 bulan ini, BB turun 4,5 kg, gula darah puasa saya 1 bln lalu 142 HBa1C 8,1 Trigliserida 375 yang lain normal, sampai saat ini saya blm pernah konsum obat gula darah, apakah ada pengaruhnya gula darah saya tsb dgn penurunan BB? selain gula darah, saya merasakan sering merasa tidak nyaman pada bagian perut, sdh diperiksa dokter, diagnosanya perut saya kembung ( bbrp dokter berkata demikian ), namun saya merasakan ada sesuatu hal pada bagian dalam perut saya, kadangkala seperti ada aliran yang tersendat pd bagian dalam perut saya dan sering mengalami debaran pada bagian dekat ulu hati dan sering mengalami cemas mendadak, apa yang harus saya lakukan? urgens, mohon perkenan dokter memberi saran, atas perkanan dokter saya ucapkan terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Melihat data yang Anda paparkan, sepertinya Anda memiliki gangguan metabolisme gula dalam hal ini diabetes karena kadar HbA1c anda 8,1. Selain itu Tryglicerida Anda juga cukup tinggi. Apakah ini bisa berhubungan dengan penurunan berat badan Anda? Jawabannya adalah bisa berhubungan.

Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi resistensi dari insulin. Insulin merupakan semacam hormon yang berfungsi untuk memasukkan glukosa ke dalam sel. Dimana glukosa ini berfungsi untuk kelangsungan sel.  Pada orang-orang dengan kelebihan berat badan cenderung dapat terkena diabetes, oleh karena ada proses resistensi insulin yang dihubungkan dengan peningkatan berat badan. Ini merupakan proses awal. Bila sudah terjadi resistensi dari insulin yang tinggi maka dapat muncul gejala diabetes dimana salah satunya adalah penurunan berat badan. 

Diabetes merupakan penyakit kronis yang memiliki banyak sekali efek samping dan diantaranya seperti yang Anda sebutkan. Oleh karena itu kami menghimbau Anda untuk berperan aktif dalam memelihara kondisi Ibu Anda dengan mengonsultasikan ibu Anda ke bagian bagian terkait sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 Olahraga dan Diabetes

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Tips Hidup Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Gula Jagung, Gulanya Penderita Diabetes?

Diabet Ganggu Hantaran Saraf

Tertawa Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Pengaturan Pola Makan Penderita DM Saat Puasa

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam, 

 Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar