Sukses

Kaku Pada Leher

05 Feb 2014, 23:23 WIB
Wanita, 15 tahun.
Salam hormat dokter, saya sering kaku pada leher bagian belakang, dan terkadang merasa lemas, saya juga sering kaget dan terbangun pada saat tidur, pernah beberapa kali setelah kaget jantung berdetak sangat cepat, kira-kira apa yang saya alami ini adalah suatu penyakit? Dan apa yang harus saya lakukan jika saya kaget pada saat tidur? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami ketahui. Kapan saja sakit/kaku leher Anda rasakan? Apakah ada pemicu tertentu yang menyebabkan Anda merasakan sakit/kaku leher? Adakah tindakan yang telah Anda lakukan atau adakah obat-obat anti nyeri yang telah Anda konsumsi? Jika sudah, bagaimana hasilnya?

Sakit/kaku leher seperti keluhan Anda dapat disebabkan karena kelainan otot, tulang, persendian, persarafan. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Jika Anda sudah mengunjungi dokter dan sudah diperiksa dan sudah diterapi serta hasilnya baik, maka hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh.

Bagaimana posisi tubuh Anda ketika beraktivitas? Bagaimana dengan posisi ketika Anda tidur? Kaku leher dapat disebabkan karena posisi yang kurang baik saat beraktivitas atau pada saat tidur. Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, aktivitas yang banyak menunduk atau tidur miring dapat menyebabkan kekakuan pada leher.

Namun ada beberapa tindakan yang ada dapat lakukan di rumah untuk menghilangkan kekauan pada leher : 

  1. Bila sangat nyeri, dapat mengkonsumsi obat-obatan seperti paracetamol (dosis dapat lihat pada kemasan obat), atau dapat mengoleskan beberapa obat oles yang mengandung anti nyeri.
  2. Dapat lakukan kompres dengan kompres hangat atau dingin yang berguna untuk mengurangi nyeri serta melemaskan otot. 
  3. Tidur dengan 1 bantal, hinidari penggunaan bantal yang tinggi
  4. Perbaikan postur tubuh, hindari postur tubuh terlalu bongkok, dan banyak bersender
  5. Hindari menyetir sampai keluhan nyeri hilang
  6. Cobalah olahraga-olahraga atau streching untuk leher.

Anda dapat mencoba melakukan pemijatan ringan pada daerah leher dan punggung yang kaku untuk relaksasi otot dan juga lebih memperhatikan posisi leher Anda saat beraktivitas dan saat tidur. Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri atau menggunakan obat oles anti nyeri yang dijual bebas di pasaran untuk mengurangi rasa nyeri. Jika tidak berkurang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis syaraf.

Untuk rasa jantung berdetak yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti maag, gangguan jantung, ataupun dapat juga ganggaun psikis seperti Anda sedang merasa tertekan, stres atau banyak pikiran. Sebaiknya memang bila kejadian ini terus berlangsung coba lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar