Sukses

Maag

05 Feb 2014, 23:41 WIB
Pria, 26 tahun.
Selamat Siang Dok, Merujuk kepada pertanyaan saya sebelumnya mengenai sakit kepala yang saya alami (HEADACHE) tidak diketahui penyebabnya, apakah mungkin ada kaitannya dengan penyakit MAAG saya dok: 1.Ada berapa macam penyakit maag & bagaimana membedakan maag kronis & maag biasa? 2.Saya memiliki riwayat asam lambung tinggi & sering nyeri dibagian ulu ati & dada sebelah kiri sehingga sering berakibat nafas sesak mual(tetapi tidak ada muntah) rasa was-was & jantung berdebar. Saya sudah berobat ke beberapa rumah sakit, indikasinya hanya maag biasa. Jenis maag apa yg saya alami tsb. lalu apa yg harus saya lakukan Dok.? #Jujur hal ini sangat membuat saya tidak nyaman u/ beraktifitas dok & ini sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Mohon pencerahan 7 solusi nya. Terima kasih, Laki-laki 26th. Tinggi 165 berat 49 kg.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terima kasih atas pertanyaan Anda.

1. Penyakit maag itu itu ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag kronis merupakan kondisi dimana penyakit maag itu berulang dan sudah berlangsung lama walaupun sudah dilakukan pengobatan. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama. Jadi penyebab dari maag yang lama bisa juga oleh ulkus tersebut ataupun memang asam lambung mudah meningkat. 

2. Nyeri di ulu hati dan perasaan seperti ada panas yang naik ke leher dapat disebabkan oleh kondisi GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu dimana asam lambung Anda naik ke leher oleh karena keadaan dimana pintu atas lambung Anda kendur saat Anda tiduran. Keadaan ini membutuhkan pengobatan yang lama. 

Menurut saya bila memang keadaan maag Anda sangat menggangu coba saja lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter misalnya endoskopi. 

 Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
     

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-mual serta obat maag. Seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole) namun kami sarankan agar anda periksa dahulu ke Dokter untuk menyingkirkan penyakit lain serta sepertinya Anda memerlukan pengobatan modfikasi. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar