Sukses

Ukuran Testis

04 Feb 2014, 21:04 WIB
Pria, 18 tahun.
Dear dokter. Testis saya yang kiri kenapa menggantung dan posisinya lebih molor daripada testis saya yang kanan ya? Apakah hal tersebut berbahaya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Agar dapat memproduksi sperma, suhu testis harus dijaga. Ukuran skrotum akan berubah-ubah untuk menjaga suhu testis. Ketika Anda kedinginan, skrotum akan mengkerut untuk menjaga panas tidak keluar. Bila suhu terlalu panas, skrotum akan relaksasi sehingga testis membesar serta menggantung. Ukuran testis kiri dan kanan memang umumnya sedikit berbeda dan sebelah testis biasanya menggantung lebih rendah. Karena itu Anda tidak perlu khawatir kecuali ukuran keduanya jauh berbeda.

Jika dirasakan keluhan tersebut cukup menganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar