Sukses

Memperbaiki Gigi Depan yang Maju

20 Oct 2014, 10:20 WIB
Pria, 22 tahun.
Selamat Malam dok, saya Rockzand mahasiswa keperawatan di salah satu universitas swasta kota malang. saya ingin bertanya dok, saya memiliki salah satu gigi depan atas maju satu. apakah bisa di perbaiki dok? karena saya malu untuk membuka mulut agar tersenyum kepada orang lain. sebelumnya terima kasih banyak. Salam Rockzand
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

Terdapat beberapa prosedur yang digunakan untuk memperbaiki estetik dari posisi gigi depan, dari mulai perawatan dengan ortodonti/behel sampai dengan pemakaian mahkota tiruan dan veneer, tetapi dari tiap perawatan tentu saja ada indikasinya masing-masing dan juga tergantung dari kondisi gigi Saudara.  Untuk memperbaiki posisi 1 gigi saja dapat dilakukan dengan pembuatan mahkota tiruan atau veneer, dan untuk memperbaiki posisi gigi yang lebih dari 1 atau keadaan gigi-gigi yang tidak rapih posisinya dilakukan dengan perawatan ortodonti.

Perawatan ortodontik atau behel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. perawatan ortodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi. Saudara dapat menggunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus perawatan ortodontik.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

    0 Komentar

    Belum ada komentar