Sukses

Cairan pada Bekas Luka Operasi

20 Oct 2014, 05:02 WIB
Wanita, 35 tahun.
Dok,saya habis operasi usus buntu 2bulan yg lalu,tetapi dalam Seminggu ini saya baru tau ada cairan di bekas jahitan itu,ada dua Titik cairan di bekas jahitannya,yg pertama sudah pecah dan hanya kecil sedang yg kedua agak lebar dok cairannya itu tapi blm pecah,yg ingin saya tanyakan,itu cairan apa dok?apa penyebabnya?bahayakah?trus gimana cara mengobatinya?makasih dok,jawabannya saya tunggu ya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda adalah cairan pada daerah bekas luka jahitan. Sayang sekali informasi yang Anda berikan kurang lengkap. Perlu diketahui terlebih dahulu:

  • Ukuran
  • Warna cairan
  • Keadaan sekitar

Apakah warna cairan bening atau putih susu-kehijauan seperti nanah? Jika bening saja, kemungkinan hanya merupakan cairan serum (bagian dari darah) yang dapat muncul dalam proses penyembuhan. Namun, jika seperti nanah maka kemungkinan ada infeksi pada proses penyembuhan luka.

Saat ini, Anda dapat mengompres bekas luka Anda dengan cairan antiseptik, menjaga kebersihannya dan jangan dengan sengaja memecahkannya. Dengan perawatan luka yang baik maka mudah-mudahan proses penyembuhan akan berjalan dengan baik pula. Jika keluhan tampak mengkhawatirkan dan mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda untuk kontrol bekas luka jahitan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar