Sukses

Ketertarikan Terhadap Kolesterol

18 Oct 2014, 19:43 WIB
Wanita, 21 tahun.
permisi dok, mohon informasi :) saya mahasiswi yg tertarik mempelajari kolesterol. sbg informasi saya bukan dr jurusan kedokteran shg sy ingin bertanya kpd dokter agar ilmu yg sy dapat melalui buku dan internet tidak salah kaprah dalam hal interpretasinya . 1.apa hubungannya insulin dengan kolesterol? 2. apa efek dr lipolisis yg diakibatkan krn DM terhadap profil lipid? 3.bagaimana mekanisme oksidasi LDL dan oksidasi reseptor LDL? 4.Mengapa jika kadar LDL tinggi dapat menekan kadar HDL dlm tubuh? konteks menekannya itu mekanismenya seperti apa y dok? 5. HMG-CoA reduktase sebenarnya bertindak sbg apa? mohon maaaaaaaaaaf y dok, pertanyaannya banyak smg ilmunya barokah dok :)) terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami senang dapat membantu Anda dengan ketertarikan Anda terhadap ilmu kesehatan.

1. Hubungan antara insulin dan kolesterol adalah: peningkatan kolesterol telah diteliti dapat menyebabkan kerusakan fungsi pankreas sebagai penghasil insulin sehingga dapat mengganggu produksi insulin.

2. Lipolisis berlebihan dapat menyebabkan peningkatan profil lipid.

3. Proses oksidasi LDL pada dasarnya merupakan reaksi kimia, sama seperti proses oksidasi atom lainnya yaitu proses penghilangan  molekul/atom/ion. Pada proses oksidasi LDL ada banyak berperan dalam proses oksidasi, seperti ROS (Reactive Oxygen Species), enzim-enzim oksidasi dan juga MPO (Myeloperoksidase).

4. LDL dan HDL merupakan pembawa kolesterol yang dibentuk oleh tubuh. LDL berfungsi untuk membawa kolesterol dari hati ke dalam darah dan HDL membawa kembali kolesterol tersebut ke dalam hati agar tidak bertumpuk dalam aliran darah dan menyebabkan masalah. Keduanya diproduksi tubuh sesuai dengan jenis makanan dan olahraga. Namun LDL tidak menekan HDL. 

5. HMG Co-A Reduktase merupakan enzim yang berfungsi dalam jalur metabolik untuk memproduksi kolesterol.

Jika Anda sangat tertarik dengan kolesterol maka kami sarankan ada baiknya Anda terlebih dahulu mempelajari ilmu dasar biologi molekular untuk memahami proses molekular dan metabolik nutrisi dari sumber buku yang terpercaya, dengan demikian Anda akan memiliki pemahaman yang utuh mengenai kolesterol. Hal ini berkaitan dengan kompleksitas ilmu molekular yang mendasari ilmu mengenai kolesterol yang tidak dapat dijelaskan hanya dalam beberapa halaman saja namun umumnya membutuhkan beberapa bab.

Selamat menekuni "Kolesterol"!

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar