Sukses

Jeruk Nipis vs. Kesuburan

23 Feb 2016, 14:02 WIB
Wanita, 30 tahun.

Met siank klik dokter yg slalu memberi jawaban yg bermanfaat... Begini dok, sy setiap pagi kurang lbh dah satu bulan, mengkonsumsi jus jeruk nipis hangat saat perut masih kosong... Apakh itu mempengaruhi kesuburan ya dok? Soalnya sy lagi program hmil... Apakah mengkonsumsi jeruk nipis tiap hari bkin kandungan kering? Terimakasih atas jawabannya klik dokter.

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Jessica Florencia.

Jeruk Nipis vs. Kesuburan

Kami senang dapat membantu Anda dan menjadi sumber informasi kesehatan terpercaya bagi Anda.

Hingga saat ini, jeruk nipis tidak menunjukkan adanya pengaruh terhadap kesuburan dan kandungan. Namun karena sifatnya yang asam, mengkonsumsinya saat perut kosong mungkin bukan ide yang baik karena dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti perih atau mual muntah karena iritasi lapisan lambung.

Untuk program hamil maka sangat penting untuk mengetahui masa subur. Perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir. Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Untuk informasi persiapan kehamilan, kami sertakan artikel:

7 TIps Menjaga Kesuburan

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Merencanakan Kehamilan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Semoga usaha Anda dan suami dapat segera berbuah manis!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat untuk Anda dan keluarga,

0 Komentar

Belum ada komentar