Sukses

Keluar Ingus dari Hidung

20 Oct 2014, 11:07 WIB
Wanita, 19 tahun.
dok mau tanya , kalau penyakit dengan gejala2 ini termasyk peyakit apa ya dok? hidung sebelah kiri keluar ingus beserta darah saat flu atau tdk saat flu, hidung berbau, daerah sekitar dahi terasa berat, saat flu pasti waktu sangat lama tidak smbuh2. ingus beserta darah yg keluar dari hidung itu, keluarnya tidak tentu. kadang saat dingin, kadang saat saya menunduk. mohon infonya ya dok itu penyakit apa? dan bagaimana mencegahnya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda adalah keluar cairan ingus dari hidung sebelah kiri, berbau, ada darah. Dahi terasa berat, flu seringkali sembuh dalam waktu lama.

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Apakah Anda sudah mengunjungi dokter sebelumnya?

Yang Anda alami nampaknya adalah sinusitis. Namun, hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Pada sinusitis memang terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya sensasi lendir yang menetes dari hidung ke kerongkongan /post nasal drip. Jika sudah terdapat lendir pada daerah hidung dan kerongkongan, tentunya Anda akan sulit bernafas. 

Sinusitis sebenarnya merupakan inflamasi dari sinus paranasal yang terletak pada tulang tengkorak manusia. Sinus paranasal terdiri dari sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid.

Pada sinusitis, akan terjadi pembengkakan pada daerah osteomeatal ( selaput pada lubang hidung) sehingga akan menyempit hingga bertemu, sehingga silia tidak dapat bergerak untuk mengeluarkan sekret. Gangguan penyerapan dan aliran udaradi dalam sinus, menyebabkan juga silia menjadi kurang aktif dan lendir yang diproduksi oleh selaput permukaan sinus akan menjadi lebih kental dan menjadi mudah untuk bakteri timbul dan berkembang biak. Bila sumbatan terus-menerus berlangsung akan terjadi kurangnya oksigen dan hambatan lendir, hal ini menyebabkan tumbuhnya  bakteri anaerob, selanjutnya terjadi perubahan jaringan. Pembengkakan menjadi lebih hipertrofi hingga pembentukan polip atau kista.

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung

 

  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Yang dapat Anda dilakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui masalah kesehatan Anda. Jika memang sinusitis, maka perlu diketahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.  

 

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul: Sinusitis, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar