Sukses

Lapar Malam Hari

17 Oct 2014, 15:00 WIB
Pria, 23 tahun.
dok,, sering lapar dimalam hari disebabkan oleh apa ya? saya biasa makan kira2 pukul19.00,, tetapi ketika sudah memasuki pukul 22.00 keatas perut saya kembali lapar.. mohon pencerahannya dok... terimakasih..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami pertanyaan yang Anda maksudkan. Pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir, sejatinya sangat normal dan sebagian besar orang memang mengalami lapar pada malam hari. Saat kita makan, lambung mengolah makanan selama kurang lebih 3-4 jam, kemudian lambung dikosongkan. Setelah lambung kosong, asam lambung yang secara konstan dihasilkan lambung membuat kita kembali lapar.

Kami telah mencoba menilai Body Mass Index Anda (indeks massa tubuh - skala yang mengukur obesitas/gemuk atau tidaknya seseorang) dan nilai Anda adalah normal, yaitu 22.2 (batas normal 18.5-22.9), hal ini pertanda baik, artinya Anda tidak kegemukan.

Kami menyarankan agar Anda lebih mengatur pola makan Anda, misalnya saat makan Anda jam 7, makanlah secukupnya sehingga Anda cukup kenyang untuk tidak kembali makan sampai waktu tidur. 

Makan malam hari tidak baik jika sangat berdekatan dengan waktu tidur, posisi tubuh saat tidur dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan Anda, hal ini tidak baik untuk kesehatan. 

Untuk menambah wawasan bersama, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tulisan seputar makan di malam hari dan faktor-faktor yang menjadi penyebab kegemukan dari Tim Redaksi Medis Klikdokter.com:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi pencerahaan untuk Anda.(AK)

Salam

Tim redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar