Sukses

Bau Badan

30 Jan 2014, 12:46 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok saya punya masalah bau badan. tapi ini sedikit berbeda. bau badan saya nampaknya sangat menyengat bahkan hingga mampu membuat orang bersin ataupun pilek. saya sangat terganggu dengan penyakit saya ini dan tentu saja saya merasa frustasi. saya sendiri tidak mencium bau apapun dari tubuh saya. dan saya juga merupakan seorang yg suka kebersihan dan setiap hari mandi 2 kali. saya mandi pun lama sekali karna saya menggosok bagian tubuh saya secara detail. namun alhasil tetap saja bau dan ada yg bersin ataupun pilek. saya yakin ini merupakan kelainan medis yang mungkin sangat langka seperti kasus seseorang yang bisa menangis darah atau semacamnya. karna saya hidup normal seperti orang lain bahkan selalu mencoba menjaga kebersihan tapi tetap saja bau ini muncul. saya merasa benar-benar frustasi. disaat orang lain dilanda kemiskinan ataupun berwajah buruk, saya malah mempunyai masalah seperti ini yang menurut saya lebih buruk dari itu semua. saya pernah dengar operasi pengambilan kantung keringat di ketiak. namun saya menanggapinya skeptis, apa benar itu bisa menjadi solusi untuk masalah saya. saya masih belum mencoba operasi itu. operasi itu utk menghilangkan bau keringat, sedangkan saya sendiri tidak yakin bau apa yg keluar dari tubuh saya karna saya sama sekali tidak bisa merasakannya. saya juga belum bertanya kepada siapapun soal bau apa badan saya karna pastinya malu. saya hanya bisa berpura-pura baik-baik saja dengan kondisi saya dan tidak mempermasalahkan kondisi saya. Jadi tolong beri solusi untuk masalah saya dok. termasuk saran mengenai dokter spesialis apa yg harus saya temui. saya pribadi berfikir bahwa mungkin yang bisa menangani adalah ilmuan-ilmuan handal. tapi itu asumsi saya sbg orang awam dalam dunia medis. mungkin para dokter lebih mengetahui hal ini dan mungkin pernah menangani kasus seperti ini. Terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran dan rasa frustasi Anda. Masalah bau badan memang dapat menjadi masalah sendiri.

Untuk lebih memahami masalah bau badan, saya sertakan artikel yang berjudul: Mengatasi Bau Badan.

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Karena bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi. Bau badan dapat dikontrol dengan melakukan tips-tips yang disebutkan dalam artikel tersebut secara teratur untuk mengatur produksi keringat. Stres juga dapat menambah produksi keringat sehingga pengendalian pikiran juga termasuk hal yang sangat penting. Cobalah untuk menggunakan produk anti-perspiran pada malam hari. Hindari makanan-makanan dengan bau yang tajam. Anda dapat mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang ada dalam artikel: Aneka Ramuan Penghilang Bau Badan.

Apa yang Anda lakukan sudah benar, namun sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk mengontrol kebersihan kulit dan produsi keringat. Tetaplah bersemangat dalam menjaga kebersihan dan melakukan tips-tips di atas dengan rutin dan teratur.

Memang betul terdapat terapi seperti yang Anda maksud untuk operasi pengangkatan kelenjar keringat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik terkait operasi tersebut. Selain itu, dokter juga akan mendiskusikan dengan Anda pilihan terapi lain seperti suntik botox untuk melumpuhkan kelenjar keringat. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar