Sukses

BAB Berdarah dan Berlendir

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Pria, 24 tahun.
dok sebelumnya saya demamtinggi dan buang2 air, kemudian saya minum obat diare dan demam, setelah 3 hari demam saya berkurang dan buang2 air saya berkurang tapi masih mencret, bahkan susah tuk buang air besar dan itu sakit sekali perut saya. setelah seminggu saya masih mencret dan baru sabar kl di kotoran saya itu ada lendir kemerah-merahan seperti darah dan sangat bau. saya sudah kedokter tp blm ada perubahan. sekarang udah sebulan lebih kotoran (feses) saya sudah berbentuk tapi masih ada lendir yg warna kemerahan, dan perut saya pun terkadang sakit sekali dok. sebenarnya peyakit saya ini pa? dan apa yang harus saya lakukan. terimakasih dok...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gejala buang air besar yang berdarah dan berlendir menunjukkan adanya proses peradangan pada usus besar. Radang usus besar atau disebut kolitis adalah peradangan akut atau kronik pada membran mukosa dari usus besar. Radang tersebut dapat menyebabkan luka yang disebut dengan ulkus. Radang usus besar dapat menyebabkan nyeri perut, diare, BAB berdarah, mulas, demam, dan nafsu makan berkurang. 

Radang usus yang berlanjut ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu dengan dilihat secara langsung dengan menggunakan teropong atau kamera kecil yang dimasukkan ke dalam anus. Tindakan ini disebut kolonoskopi. Dengan tindakan tersebut juga dapat diambil contoh jaringan usus besar untuk diperiksa di bawah mikroskop untuk memastikan penyebab radang yang berkelanjutan. Saran saya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit  dalam apabila gejala terus berlanjut. Sementara menunggu tindakan tersebut, dokter dapat memberikan antibiotika. Demikian penjelasan dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar