Sukses

Gangguan Jantung

19 Oct 2014, 02:41 WIB
Pria, 21 tahun.
Permisi saya berjenis kelamin laki-laki (22 tahun,tinggi 170 cm,berat 65 kg). Saya dari kecil sangat menyukai olahraga, tetapi pada tes EKG jantung saya mengalami RBBB complete,fungsi Ventrikel kiri baikdan ada sedikit dilatasi pada Vetrikel kanan ,dan pada saat treadmill jantung saya menunjukan fitness class yang baik(tidak ada aritmia).Apakah jantung saya ini sehat ? bagaimana keadaan jantung saya untuk ke depannya? Saya bukan perokok,peminum alkohol dan ber-kafein.Selama saya berolahraga keras,saya tidak pernah mengalami apa-apa di jantung,bahkan dari kecil saya tidak pernah mengalami sakit jantung.Apakah saya bisa masuk TNI/Polri atau perusahaan bonafide lainnya dengan keadaan jantung seperti ini ? (biasanya tes masuk instansi tersebut memerlukan tes EKG)Terimakasih.Mohon jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Apakah sekarang Anda ada keluhan? Hasil EKG Anda menunjukkan bahwa terdapat kelainan pada jantung bagian kanan Anda. Untuk memprediksi apakah nantinya ada gangguan jantung atau tidak, sulit pak mungkin diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan Echo. Yang pasti bapak harus sering kontrol ke dokter jantung. Namun resiko untuk terjadinya gangguan jantung memang ada, oleh karena sudah ada dilatasi sedikit.

Ya sebaiknya memang mulai sekarang bapak menjaga gaya hidup bapak. Hindari merokok, alkohol, dan diet makanan serta perbanyak istirahat. Untuk persyaratan masuk TNI/Polri kami tidak mengetahui pak. Biasanya memang kalau ingin masuk institusi seperti itu dipilih yang benar-benar sehat dan tidak ada gangguan kesehatan, namun kami pun tidak mengetahui pasti persyaratannya pak, namun coba saja pak. Kami sarankan agar bapak konsultasi ke dokter specialis jantung untuk pemeriksaan lanjutan. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar