Sukses

Perlukah Gigi Berlubang Dicabut?

20 Oct 2014, 03:07 WIB
Pria, 18 tahun.
Dokter,,,saya punya 2 gigi berlubang, sebaiknya di cabut apa di biarkan dok ?? kata orang tua saya tidak boleh di cabut karena akan mengganggu syaraf,tetapi saya itu risih dok waktu mau makan terasa lama sekali,,jadi bagaimana saran dokter ??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dirawat dengan penambalan atau perawatan lainnya yang sesuai kondisi dari gigi tersebut, guna mencegah keadaan yang dapat bertambah parah yaitu lubang bertambah besar dan dalam. Jangan tunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit yang mengganggu baru dilakukan perawatan ke dokter gigi. Jenis perawatan penambalan yang akan diberikan pada gigi yang berlubang tersebut bergantung dari keadaan dari gigi tersebut. Namun apabila kondisi gigi sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan seperti penambalan atau perawatan lainnya guna mempertahankan gigi dalam rongga mulut maka sebaiknya gigi dicabut. Pencabutan gigi merupakan suatu tindakan medis yang aman dan tidak menyebabkan gangguan syaraf apabila dilakukan sesuai prosedur yang benar.

Kami menyarankan agar sebaiknya Saudara segera ke dokter gigi, karena dikhawatirkan apabila lubang bertambah lebar dan dalam maka perawatan akan semakin rumit dan memerlukan biaya yang lebih besar. Sebaiknya jangan pernah membiarkan gigi berlubang tanpa perawatan.

Berikut artikel yang dapat Saudara baca terkait pertanyaan Saudara.

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam.

Drg. Arni maharani

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar