Sukses

Benjolan Pada Anus

30 Jan 2014, 00:16 WIB
Pria, 37 tahun.
Selamat sore,Dok.. Saya ada benjolan pada dekat lubang dubur. seingat saya benjolan tersebut dahulu kecil.kemudian setelah beberapa bulan muncul satu benjolan lagi yang lebih kecil. letaknya berdekatan. tapi sekarang kedua benjolan tersebut sepertinya menyatu, dan menjadi besar. ukuran benjolan tersebut sekarang sekitar satu ruas ujung jari. benjolan tersebut dari dulu sampai sekarang sama sekali tidak terasa sakit.hanya kadang2 agak seperti gatal ringan. dan sekarang letaknya sepertinya semakin mendekat ke dubur. pertanyaannya : 1. apakah "nama" dari benjolan tersebut? dan apakah berbahaya,Dok.? 2. solusi/pengobatannya bagaimana? karena saya belum pernah konsultasi dengan dokter manapun. 3. apa penyebab benjolan tersebut? Saya sampaikan terimakasih atas jawaban dari Tim Dokter di klikdokter.com. Note: Barangkali ini ada kaitannya dengan aktifitas sehari2 saya,Saya hampir2 tidak pernah angkat berat, karena pekerjaan saya duduk berjam-jam setiap harinya, saya seorang pengembang software/programmer. dan saya jarang olah raga, saya suka makanan yang super pedas. apakah itu ambeien ? Terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu benjolan yang Anda maksud. Pemeriksaan secara kasat mata penting dan diperlukan untuk memastikan diagnosis. Jadi sebaiknya memang Anda konsultasi dengan dokter agar dapat diketahui pasti diagnosisnya. 

Wasir/ ambeien/hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali. Perdarahan menetes pada hemorrhoid biasanya tidak nyeri dan disebabkan karena iritasi. Perdarahan ini harus ditangani agar tidak jatuh pada keadaan yang lebih berbahaya.

Beberapa pencegahan hemorrhoid yang dapat Anda lakukan:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca artikel kami mengenai wasir (hemorrhoid) .Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter umum/dokter spesialis bedah digestif untuk memastikan benjolan yang dimaksud. Sehingga diagnosis dapat ditegakkan dan dapat direncanakan penanganan selanjutnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar