Sukses

Flek Hitam Di Wajah
28 Jan 2014, 14:36 WIB
Wanita, 40 tahun.
Saya mempunyai flek hitam d pipi yg parah. Saya pernah pakai pil kb kurleb sktr8th. tp skrg saya pakai spiral. Apa kontrasepsi bs menimbulkan flek d wajah? Dgn apakah sy bisa menghilangkan flek yg ada d wajah saya? Kulit wajah sy tergolong putih, jd flek sgt kelihatan dan mengganggu sekali. Mohon sdolusinya. Trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Noda hitam di wajah atau biasa disebut sebagai hiperpigmentasi memang agak sulit hilang, terkadang dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti terpapar sinat matahari, proses penuaan ataupun pengaruh hormonal. 

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti chemical peeling atau microdermabrasi atau dengan menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek.  Oleh sebab itu, kami himbau Anda datang ke Dokter spesialis Kulit atau Klinik kecantikan kulit yang disupervisi oleh Dokter yang terlatih, untuk mengetahui sebab yang pasti dan pengobatan yang sesuai untuk flek di wajah Anda.

Saat ini, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, dengan cara menggunakan:

  1. Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  2. Mengkonsumsi vitamin C

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Kenali Flek Hitam

Untuk pemilihan KB (kontraspesi) semua tergantung Ibu. Namun KB yang diminum,  yang disuntik dan sususk memang mengandung kandungan hormonal, dimana kandungan hormonal ini yang dapat membuat timbul flek-flek hitam di wajah. Bila memang Anda ingin menghindari hormonal bisa menggunakan IUD (spiral). Coba konsultasi dulu dengan dokter specialis kandungan dan kebidanan. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan dan semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar