Sukses

Selangkangan Kehitaman

01 Feb 2014, 08:57 WIB
Pria, 22 tahun.
Siang Dok. saya mau nanya tentang kulit pada selangkangan saya. Setiap Mandi saya selalu bersihkan seluruh lempitan kulit saya. Kenapa pada bagian selangkangan saya tetap kotor, berupa warna kehitaman . padahal kulit saya coklat sawo matang. dan saya tidak pernah merasakan gatal2 pada kulit saya. Apa yang terjadi pada bagian tubuh saya tersebut ? dan Apa yang harus saya lakukan dengan kulit saya agar keliatan bersih .. ? mohon bantuannya .. Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Infeksi jamur yang belum sembuh dan kronis juga dapat memberikan gambaran kehitaman, dan seringkali tidak terlalu gatal atau hanya gatal pada saat berkeringat saja.

Jika keluhan Anda merupakan infeksi jamur kronis, maka Anda memerlukan pengobatan yang sesuai untuk infeksi jamur. Jika ukurannya cukup luas, maka selain obat oles, dokter akan memberikan Anda obat minum untuk membantu penyembuhan. Pengobatan infeksi jamur biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, dapat mencapai 2-4 minggu. Setelah keluhan menghilang pun, Anda perlu melanjutkan pengobatan selama 2 minggu untuk mengurangi kemungkinan kambuh.

Jika keluhan Anda merupakan hiperpigmentasi, maka hal ini tidak berbahaya. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah selangkangan Anda tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan celana yang terlalu ketat).

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar