Sukses

Dermatitis Kontak Pada Wajah

20 Oct 2014, 06:04 WIB
Wanita, 29 tahun.
hallo, sy termasuk selektif dlm memilih kosmetik, sy mengutamkan keamanan n kehalalnnya, skrg sy pake produk sabun impor yg katanya bagus, tp wajah sy jd jerawatan, terkelupas di area hidung smp dagu, perih tp terlihat shiny n kencang, stlh sy tanya katanya wajah sy mengalami proses detox akibat kosmetik sblmnya, tp sy ga pernah pk kosmetik mcm2, apakh wajah sy gpp mengingat detoxnya sdh lbh dr sebln,mohon penjelasannya,terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Keluhan yang Anda alami memang kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi terhadap krim yang Anda gunakan yang disebut dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut, dalam kasus ini adalah krim wajah yang Anda gunakan. Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh dokter dan dijalankan sesuai petunjuk dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan krim wajah tersebut (menghindari pemicu), menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada lesi. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar