Sukses

Interpretasi Hasil Analisis Sperma

19 Oct 2014, 23:44 WIB
Pria, 39 tahun.
Saya mau bertanya tentang hail pemeriksaan lab utk sperma Volume 5ml,Likuefaksi 10menit, Viskositas Abnormal, jumlah sperma 5.500.000, Gerak Aktif 20%, gerak ZigZag 10%, gerak tidak aktif 70% mohon diberikan penjelasan dan bgm saya harus bgm dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan analisis sperm Anda memiliki keadaan yang disebut astenoteratozoopermia, yaitu suatu keadaan dimana dari semua sperma yang ada, pergerakannya (gerak lurus cepat atau gerak lurus lambat) kurang dari 40%, sedangkan bentuk sperma yang tidak normal juga di atas 40%. Adanya gangguan pergerakan ini mempengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Penyebab keadaan ini bermacam-macam, antara lain gangguan pembuluh darah, infeksi, imunologi, testis terlampau panas, dll. Pada Anda, kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi. Hal ini dilihat dari hasil analisis semen yang menunjukkan konsistensi yang putih keruh, pencairan abnormal, pH yang basa, serta adanya peningkatan jumlah sel darah putih (leukosit).

Karena itu, untuk penatalaksanaan selanjutnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Pencarian dokter dapat Anda lakukan melalui fitur Pencarian Dokter yang terdapat di halaman depan laman kami.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar