Sukses

Operasi Untuk Sinusitis?

19 Oct 2014, 15:11 WIB
Pria, 34 tahun.
9 thn yg lalu sy konsultasi dgn dokter THT dan sdh positif dinyatakn mngidap penyakit sinusitis yg sdh cukup kronis sehingga disarankan utk dioperasi. ttp smp skrg sy blm mlakukannya dan hanya bertahan dgn minum obat setiap kali kumat (bersin2 yg hampir tdk berkesudahan dan membuat mata gatal serta pusing kepala yg sangat berat). obat2 yg biasa sy minum utk bertahan hingga saat ini antara lain yaitu "FEXOFED" atau sjenisnya dgn komposisi yg hampir sama jk obat ini pas lg kosong di apotiknya. dosis yg biasa sy minum hanya 1x/hari, ttp ckp rutin dlm 1 minggu minimal 4x. yg mau sy tanyakn : 1. apakah ada obat yg bs menyembuhkan penyakit sinusitis ini dgn tanpa harus menjalani operasi? 2. apakah ada efek yg membahayakan dgn sy menkonsumsi obat yg sy sebutkan di atas dgn dosis seperti itu dan dlm jangka waktu yg sdh cukup panjang? terima kasih atas segala bantuannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh alergi dan sinusitis. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi) pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi, pengobatan adalah dengan mencari jenis alergi serta mengobati alergi dengan anti-histamine. Namun, pilek akibat alergi merupakan suatu penyakit yang sangat sulit sembuh sebab kita sebenarnya tidak bisa mengeliminasi penyabab alergi hanya dapat menghindarinya. 

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Penyebab lainnya adalah sinusitis, pada kondisi sinusitis terjadi pilek yang berwarna hijau yang tidak sembuh-sembuh, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus bila ditekan. Pilek akibat sinusitis memerlukan beberapa pemeriksaan seperti foto tongga sinus. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik yang cukup lama, mengencerkan dahak serta terkadang dilakukan uap dan pemanasan pada wajah. 

Operasi pada sinusitis diindikasikan bila dengan pengobatan kondisi tidak membaik. Tujuan operasi adalah untuk memperbaiki drainase atau aliran sinus dengan mengangkat/menghilangkan sumbatan dan drainase mukus. Obat yang sering Anda minum mengandung pseudoefedrin. Penggunaan lama pseudoefedrin dapat menyebabkan kejang, halusinasi, nyeri kepala, atau insomnia. Dikusikanlah kembali dengan dokter THT Anda mengenai perlunya operasi serta pilihan obat yang dapat diberikan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar