Sukses

Mengatasi Sakit Maag

27 Jan 2014, 10:30 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat sore dokter, saya punya keluhan pada lambung saya. Sering kali terasa kembung, perih, n begah. Sekarang2 ini nafsu makan saya menurun n saat sarapan pagi terasa mual, lemas, cara untuk mengatasi ini tanpa obat kimia itu seperti ap? Saya disarankan untuk mengkonsumsi strocain P ? 400mg. Serta vitaminny imboost force. Apa obat tersebut baik dapat menghilangkan sakitnya atau hanya mengurangi saja. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Saya turut prihatin dengan keluhan Anda.

Keluhan Anda adalah: Rasa perih di perut; kembung; begah. Apakah Anda memiliki riwayat maag?

Nafsu makan Anda menurun. Saat sarapan pagi terasa mual dan lemas.

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan? Bila jawabannya ya untuk pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar, Anda mengalami dispepsia. Rasa panas, perih di perut; mual dan kembung merupakan gejala khas untuk dispepsia atau sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Kami sertakan artikel: Dispepsia, untuk informasi Anda mengenai sakit maag.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Apakah Anda menderita stress? Bila dengan obat maag ternyata keluhan Anda tidak membaik, maka ada kemungkinan Anda menderita stress dan memicu sakit maag.

 

Sangat mungkin juga,  Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Hal ini juga dapat memicu sakit maag. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Pada saat haid biasanya tubuh memang terasa tidak enak dan kurang stamina sehingga perlu makan dan istirahat yang teratur sehingga gejala maag tidak kambuh.

Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 


Cobalah untuk meningkatkan frekuensi makan (5-6x per hari) namun dalam jumlah yang sedikit-sedikit, untuk menjaga agar lambung tidak kosong. Selain itu, Anda juga dapat mencoba minum obat penetralisasi asam lambung seperti antasid. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar