Sukses

Operasi untuk Batu Empedu

19 Oct 2014, 14:07 WIB
Pria, 44 tahun.
Saya ada batu di dinding empedu, dan menurut dokter harus di operasi, pertanyaan saya apakah ada pengobatan alternatif utk menghilankan batu tersebut tanpa operasi, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Penanganan batu empedu dapat berupa pengobatan dan operasi. Pada penanganan dengan pengobatan (menghancurkan atau melewatkan batu empedu ke saluran cerna selanjutnya) maka terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan. Hal ini berkaitan karena kandung empedu masih ada, sehingga dapat terjadi batu kembali. Kekambuhan juga lebih sering terjadi pada pasien yang pernah mengalami batu empedu multipel.

Batu empedu terbentuk dari penumpukan komponen cairan empedu dalam kandung empedu yang mengkristal membentuk batu.
Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya batu empedu adalah:
1. Kegemukan, penurunan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 1,5 kg per minggu), berat badan yang tidak stabil
2. Wanita
3. Usia 
4. Keturunan

Penanganan operasi pada batu empedu merupakan penanganan utama terbaik pada batu empedu yang memberikan gejala (misal: nyeri, mual muntah). Penanganan ini merupakan pilihan di mana kekambuhan lebih jarang terjadi dan keluhan nyari pasien biasanya menghilang sempurna. Sehingga dengan indikasi yang benar, maka operasi kandung empedu merupakan alternatif yang terbaik ketimbang modalitas lainnya.

Jika yang Anda maksudkan adalah pengobatan alternatif yang tidak memiliki landasan dan bukti medis, maka kami tidak merekomendasikannya. Hal ini berkaitan dengan tidak adanya bukti penelitian medis yang jelas dan diakui oleh perhimpunan internasional yang dapat menunjukkan efektivitas dan keampuhannya. Seringkali, malah pengobatan alternatif menjadi memperparah keadaan dan efeknya semata-mata efek sugestif (pengaruh emosional) dan tidak mengatasi masalah kesehatan yang sebenarnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar