Sukses

Hamil dengan Inseminasi Buatan
28 Sep 2015, 12:32 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok,sy umur 40 th ibu dr seorg anak berusia 3 th, dmn skrg mempunyai mslh suami sy (usia 34th) tdk bisa lg berhubungan sex dg saya sdgkan saya menginginkan anak perempuan. Dulu awal pernikahan sy lgsg tokcer sekali berhub pd mlm pertama lgsg hamil walaupun suami kesulitan pd saat memasukkan alatnya. Krn hamil pertama & usia sy sdh tdk muda lg, kami sangat hati2 sampai tdk berani melakukan hub sex selama sy hamil. Kmdn sy melahirkan caesar. Sampai skrg kami gagal tiap berhubungan, maaf dok (alat kelamin suami tdk bisa berdiri). Sdh berbagai cara dr nonton striptease, video porno dll tapi tdk 'tegang' juga. Wkt kami periksakan mnrt dokter ahli suami hrs istirahat 3bln & tdk boleh stress. Sdgkan hal itu tdk mgkn kami lakukan mengingat sama2 produktif. Perlu diketahui rahim sy kondisi masih bagus dan siap dibuahi dr hasil USG. Pertanyaan saya: 1. Bisakah sperma suami disedot? & Bisakah saya hamil dgn cara inseminasi buatan? 2. Kalo dgn inseminasi bisakah dilakukan program anak wanita? 3. Di jkt dmn dokter yg bagus dan tdk terlalu mahal biayanya? 4 dgn kondisi kami brp % prosentase kehamilan tjd ? Terima kasih

Ibu yang Terhormat.

Hamil dengan Inseminasi BuatanTerima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk keluarga Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin untuk masalah yang saat ini terjadi.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan kita dapat bersama-sama mencari solusi yang terbaik untuk masalah Anda saat ini.

1. Bisakah sperma suami disedot? Bisakah saya hamil dengan cara inseminasi buatan?

Inseminasi buatan adalah proses peletakkan sperma ke saluran reproduksi wanita dengan menggunakan cara buatan. Sperma yang diperlukan biasanya diambil dengan proses masturbasi, dan tidak dapat dengan disedot. Hal ini berkaitan dengan kondisi sel sperma yang perlu ada dalam keadaan matang. Selain itu sperma dapat hidup dengan baik dalam kondisi penuh nutrisi dari cairan mani.

Bagaimana prosesnya berjalan? Silakan klik next untuk melanjutkan.

Hamil dengan Inseminasi Buatan

Proses yang dijalani dimulai dengan meletakkan sperma segar atau sperma yang telah dibekukan (sperma normal baik bentuk maupun pergerakannya) ke dalam serviks (leher rahim) atau yang disebut dengan Intracervical Insemination (ICI)) atau  di dalam rahim wanita  atau disebut Intrauterine Insemination (IUI). Angka keberhasilan inseminasi buatan ini tergantung pada beberapa hal, yaitu :

  • Usia wanita

  • Kualitas sel telur

  • Kualitas sel sperma

  • Ada atau tidaknya endometriosis yang parah

  • Adanya kerusakan saluran tuba

Pasangan yang melakukan inseminasi memiliki kemungkinan berhasil sekitar 5-20% setiap siklusnya. Persentase keberhasilan dapat ditingkatkan apabila dikombinasikan dengan terapi hormonal sebelumnya. Inseminasi buatan ini memang tidak selalu berhasil untuk setiap pasangan. Beberapa pasangan mungkin membutuhkan beberapa kali mencoba baru terjadi kehamilan. Umumnya inseminasi buatan dilakukan sebanyak 3 kali sebelum terjadinya kehamilan atau beralih ke terapi lainnya. Jika inseminasi buatan telah berhasil maka akan segera terlihat tanda-tanda kehamilan dalam beberapa minggu.

Untuk melakukan program inseminasi buatan maka diperlukan beberapa persyaratan seperti: harus dilakukan oleh pasangan menikah yang sah yang telah menikah 1 tahun lebih. Pada pasangan suami istri akan dilakukan pemeriksaan kesuburan menyangkut kondisi sel telur, sel sperma dan juga saluran reproduksi wanita. Jika semua berjalan dengan baik maka tidak ada dampak buruk yang dapat dialami oleh wanita maupun pria. Jika tidak berhasil, maka biasanya dokter akan mennyarankan untuk melakukan prosedur lain yang lebih rumit, seperti Program Bayi Tabung.

Untuk ikut serta dalam program inseminasi buatan, Anda dan pasangan perlu menghubungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan serta terlebih dahulu menjalani konseling mengenai program ini.

2. Kalo dengan inseminasi bisakah dilakukan program anak wanita?

Dengan inseminasi buatan, dapat diusahakan penentuan jenis kelamin anak. Hal ini dapat dibicarakan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

3. Di Jakarta dimana dokter yang bagus dan tidak terlalu mahal biayanya?

Anda dapat menggunakan fitur Cari Dokter yang kami miliki yang berada di bagian kiri atas dari halaman utama kami untuk mencari dokter.

4. Dengan kondisi kami berapa  prosentase kehamilan terjadi?

Seperti yang telah disebutkan di atas, secara umum terdapat 5-20% keberhasilan terjadinya kehamilan dalam setiap siklus inseminasi buatan. Namun, hal ini sangat bergantung pada kondisi pasangan dan baru dapat disimpulkan setelah pemeriksaan lengkap dari kondisi sel telur Anda dan juga sel sperma suami. Saat ini yang juga harus diperhatikan dengan baik adalah mengenai kondisi suami Anda yang dalam dunia kedokteran disebut dengan Disfungsi Ereksi. Apakah sudah dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada suami Anda untuk mengetahui penyebabnya?

Semoga Anda dan suami sehat selalu dan mendapatkan solusi yang terbaik untuk mendapatkan keturunan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar