Sukses

KB Sistem Kalender

04 Feb 2014, 22:02 WIB
Pria, 29 tahun.
Selamat pgi dok... Saya mau bertanya ttg KB, bagaimana caranya jika kita ign KB kalender, karena kan 'gak semua wanita bs KB dgn menggunakan alat kontrasepsi yg sdh ada slama ini. Mhn bantuannya dok. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah dengan melakukan hubungan intim di luar masa subur. Untuk itu, Anda dan istri perlu melakukan perhitungan perkiraan masa subur istri. Perhitungan masa subur adalah 14 hari +/- 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Andadapat menyertakan siklus menstruasi istri (6 siklus terakhir atau paling tidak 3 siklus terakhir) agar dapat dilakukan perhitungan rata-rata masa subur.

Misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. 

Jika rata-rata lama siklus menstruasi Ibu adalah 28 hari, maka kubungan intim yang dilakukan pada hari ke-6 sampai ke-9 kemungkinan hamilnya kecil. Karena itu, kami menyarankan istri mengingat-ingat jadwal menstruasi istri, minimal 3 siklus terakhir agar dapat diperkirakan. Selain itu, untuk lebih memperkecil kemungkinan terjadinya pembuahan, kami menyarankan agar Anda menggunakan kondom.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar