Sukses

Emfisema

27 Jan 2014, 15:32 WIB
Pria, 19 tahun.
dok sy perokok aktif. Seminggu ini saya merasakan agak sesak untuk ambil nafas. Tiap sy berhenti 1 hari untuk tidak merokok nafas saya lebih nyaman namun jika kembali merokok nafas saya pun agak sesak. Sudah 2 hari ini saya berhenti merokok. Dari beberapa artikel yg saya baca gejala tersebut adalah tanda dari "Emfisema". Apakah benar? lalu haruskah dilakukan tindakan lanjut atau cukup berhenti merokok saja? terimakasih atas perhatianya
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai Emfisema.

Gejala utama emfisema adalah sesak napas, napas cepat dan pendek, mudah lelah dengan aktivitas biasa, dan gejala ini akan semakin memburuk seiring dengan progresifitas penyakit.
 
Perencanaan terapi yang pertama kali dijabarkan adalah menghentikan merokok karena pajanan asap rokok akan semakin memperburuk emfisema. Terapi untuk emfisema adalah terapi untuk memperbaiki gejala, mengurangi keluhan, memperlambat progresifitas penyakit, dan mencegah terjadinya komplikasi akibat emfisema.
 
Perlu diketahui bahwa sel paru yang sudah hancur tidak dapat diperbaiki lagi. Yang perlu dijaga adalah mencegah sel paru yang sehat menjadi rusak dengan mencegah perluasan penyakit.  Oleh karena itu hindari rokok sejak saat ini, karena hanya dengan kemauan dan kesadaran Anda untuk berhenti merokok  yang dapat menentukan kesembuhan kondisi Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar