Sukses

Diabetes Melitus pada Kehamilan

20 Oct 2014, 11:07 WIB
Pria, 36 tahun.
Selamat Sore Dokter, saat ini istri saya sedang hamil, usia kehamilan sekitar 30 minggu, kemarin istri saya baru saja keluar dari rumah sakit, di karenakan gula darah nya tinggi, pada saat periksa gla darahnya di sekitar 290, dan HBa1c nya di 9.8, dokternya menyarankan untuk di suntik insulin, karena menurut dokternya istri saya terkena DMG (diabetes melitius gestasional) Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Mohon kiranya saya dapat di jelaskan mengenai DMG 2. penggunanaan insulin apakah aman bagi orang hamil. 3. sampaikan batas waktu kita untuk memakai insulin ini.. 4. apakah insulin ini menyebabkan efek samping,/ketergantungan? terima kasih dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Diabetes melitus gestational adalah keadaan  intoleransi karbohidrat dari seorang wanita yang diketahui pertama kali ketika dia sedang hamil. Diabetes gestational terjadi karena kelainan yang dipicu oleh kehamilan, diperkirakan karena terjadinya perubahan pada metabolisme glukosa.

Pengobatan:

Penderita yang sebelum kehamilan memerlukan insulin diberikan insulin dengan dosis yang sama seperti sebelum kehamilan sampai didapatkan tanda-tanda perlu ditambah atau dikurangi. Terapi insulin direkomendasikan oleh The American Diabetes Association ketika terapi diet gagal untuk mempertahankan kadar gula darah puasa < 95 mg/dl atau 2 jam setelah makan kadar gula darah < 120 mg/dl. 

Suntik insulin merupakan terapi yang paling aman untuk janin jika tidak berhasil dengan diet. Terapi obat pengendali glukosa darah oral pada diabetes gestasional tidak direkomendasikan oleh ADA maupun ACOG karena obat-obat tersebut dapat melalui plasenta, merangsang pankreas janin, dan menyebabkan hiperinsulinemia pada janin.

Jika terdapat diabetes saat hamil maka harus segera dikontrol. Anda harus lebih hati-hati dengan pola hidup anda karena mungkin saja diabetes dalam kehamilan ini akan menjadi permane/menetapn di luar masa hamil. Jika gula darah terkontrol, umumnya bayi dalam kandungan tidak bermasalah, setelah lahir dokter anak akan mengevaluasi bayi anda untuk menilai kondisi kadar gula dalam darah bayi.

Efek samping insulin:

Efek samping tersering dari pengobatan diabetes dengan insulin adalah hipoglikemia (kadar gula darah rendah). Gejalanya termasuk kebingungan, mual, lapar,  kelelahan, berkeringat, sakit kepala, berdebar, baal di sekitar mulut, gemetar, kelemahan otot, pandangan kabur, tubuh dingin, menguap berulang, mudah tersinggung, kehilangan kesadaran. Efek samping lain berupa reaksi kulit (kemerahan, bengkak, gatal pada tempat suntikan, alergi), perubahan distribusi lemak tubuh, retensi air dan pembengkakan tubuh. Maka dari itu insulin tidak boleh digunakan sembarangan dan dosisnya harus disesuaikan dengan kondisi dan kadar gula darah oleh dokter.

Kami juga sertakan artikel mengenai diabetes dalam kehamilan :

Diabetes dalam Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar