Sukses

Perokok Berat dan Kesuburan

19 Oct 2014, 05:47 WIB
Pria, 35 tahun.
Saya perokok berat, sehari saya menghabiskan 15-24 btg rokok Dji Sam Soe. Saya sudah menikah 7 tahun lebih, dan sekarang saya belum punya anak.Dok, apa yang harus saya lakukan agar saya punya anak .

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kemandulan atau Infertilitas pada Pria dapat disebabkan oleh berbagai hal:

  • Kualitas sperma yang buruk (kualitas sperma menentukan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna). Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen
  • Kelainan genetik
  • Gangguan hormon (Hormon testosteron yang terganggu dapat menghambat produksi sperma)
  • Impotensi (Penyebab lainnya infertilitas pada pria yang mengakibatkan wanita sulit hamil yaitu impotensi. Jika aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak akan berdiri dan berejakulasi). Impotensi dapat disebabkan oleh penyakit diabetes atau merokok.
  • Saluran sperma tersumbat dan varikokel
 
Apa hubungannya rokok dan kesuburan?
Rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk impotensi. Rokok juga terbukti dapat mengganggu kesuburan pada pria maupun wanita. Sperma pada perokok berat lebih mudah rusak, pergerakan/motilitas yang tidak baik, dan kemampuan untuk mebuahi sel telur juga berkurang. Saran kami, berhentilah merokok. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan analisis semen/sperma di spesialis andrologi/urologi.
 
Pengobatan yang dilakukan:

Pemilihan pengobatan untuk infertilitas umumnya berdasarkan pada berapa lama terjadinya infertilitas, penyebab infertilitas dan faktor usia. Untuk pria, bila penyebab infertilitasnya adalah gangguan seksual seperti impotensi atau ejakulasi dini bisa diatasi dengan pemberian obat atau perubahan perilaku. Bila penyebabnya adalah produksi sperma yang kurang, biasanya dilakukan tindakan pembedahan, pemberian obat hormon reproduksi, atau dengan bantuan teknologi reproduksi (assisted reproductive technology/ART).

Bila penyebab infertilitas sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun pembedahan, maka tindakan yang diambil adalah dengan ART seperti in vitro fertilization (IVF), meningkatkan ejakulasi dengan stimulasi elektrik atau vibrator, aspirasi sperma dengan pembedahan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI), danassisted hatching.

Berikut kami sertakan artikel yang berkaitan dengan pertanyaan Anda.

Mengapa Saya Harus Berhenti Merokok?

Studi Mengatakan, Rokok dapat Memperpendek Penis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar