Sukses

Demam dan Mimisan

20 Oct 2014, 11:10 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat siang , Dokter Dokter, suami saya 30th. Tb = 170cm, Bb = 73kg. Sehabis plg dari desa terkadang dia mengalami sakit flu.badan meriang, panas tinggi hingga mimisan.Panas masih 3 hari. tapi yg bikin saya khawatir , apakah mimisannya ini wajar atau tidak dok? katanya kalau mau flu atau waktu sakit panas, badan akan terasa enak setelah mimisan ini keluar. kalau mau periksa , saya harus di spesialis apa? Mohon pencerahannya ya dok. terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya kami membutuhkan beberap informasi. Apakah demam yang muncul mendadak tinggi atau perlahan-lahan naik? Selain mimisan apakah ada gusi berdarah atau bintik-bintik merah di kulit? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri otot, nyeri kepala, mual/muntah? Apakah sebelumnya suami Anda sering mengalami mimisan meskipun tidak disertai demam?

Demam yang disertai dengan perdarahan (mimisan, gusi berdarah, dan bintik kemerahan di kulit) dapat disebabkan oleh demam berdarah dengue. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan NS 1 dan darah lengkap untuk menilai Hb, trombosit, dan hematokrit. Terapi utama DBD adalah dengan pemberian cairan baik secara oral maupun parenteral (infus).

Mimisan (epistaksis) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti trauma, demam berdarah, trombositopenia, hipertensi. Kami belum dapat memastikan diagnosis suami Anda, karena dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda.

Demam Berdarah Dengue

Tindakan Awal Untuk Mengatasi Gejala Mimisan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar