Sukses

Kumpulan Gejala

23 Jan 2014, 11:44 WIB
Wanita, 27 tahun.
selamat malam dok... saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, 3 bulan lalu saya mengalami abortus komplitus (usia kandungan 2 bulan)dan saya tidak di kuret, dokter hanya memberikan obat peluruh (gastrul), sebulan setelah pasca abortus saya sudah dapat haid lagi tapi saya cuma haid selama 2 hari saja, ini sudah terjadi 3 bln berturut-turut, padahal sebelum abortus saya biasanya haid itu 4-6 hari, saya ingin tanyakan apakah siklus haid saya itu normal saja atau ada kelainan dok..? 2. beberapa minggu ini saya mengalami keputihan, warnanya agak kekuningan,terasa gatal bila cairan keputihan yang keluar itu banyak, dan kadang muncul benjolan kecil di sekitar vagiana, tapi benjolan ini hilang dengan sendirinya dan kadang terasa perih bila habis berhubungan intim dengan suami,dan beberapa hari yang lalu saya melakukan tes papsmear, dan pada saat papsmear bidan mengatakan ada peradangan di sekitar mulut rahim saya, yang ingin saya tanyakan apa penyebab sehingga mulut rahim saya mengalami peradangan? apakah ini berbahaya dok??? dan apa penyebab munculnya benjolan kecil di sekitar bibir vagina? apakah ini ada indikasi gejala kanker serviks?? mohon penjelasannya, terima kasih (saya seorang IRT, umur 27 tahun, dan sudah mempunyai seorang anak)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

1. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Memang sepertinya durasi haid Anda tidak normal, penyebabnya bisa berbagai macam bisa saja disebabkan oleh gangguan hormonal ataupun gangguan pada dalam rahim. Sebaiknya memang Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan kebidanan agar dapat dicari penyebabnya. 

2. Peradangan pada serviks dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti infeksi (entah chlamydia, trichomonas, dsb) keganasan (kanker serviks), atupun iritasi. Benjolan yang suka muncul di daerah vagina kemungkinan besar adalah pembesaran kelenjar getah bening. Dimana kelenjar ini dapat membesar dalam kondisi infeksi, peradangan ataupun keganasan (kanker). Sebaiknya memang dari kumpulan gejala Anda sebaiknya Anda berobat ke dokter specialis kandungan dan kebidanan. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar