Sukses

Sesak Dan Nyeri Dada

23 Jan 2014, 11:56 WIB
Pria, 20 tahun.
dok, saya ingin bertanya, saya beberapa bulan terakhir suka mengalami keadaan dimana saya tiba-tiba susah untuk menarik nafas dan sesak di dada, lalu setelah bisa menarik nafas kaki kiri saya biasanya langsung seperti nyeri. Ini berulang berkali-kali (bisa 3 kali dalam seminggu). Sesak dan nyeri itu berlangsung cepat hanya kurang dari 1menit, lalu biasanya tubuh saya bisa normal lagi. dulu saya pernah ada history penyakit GERD bulan feb 2013, mulai bulan agustus sampai sekarang saya sudah sehat normal kembali, tetapi terkadang suka muncul gejala diatas. pola makan saya sudah dijaga agar tidak kambuh lagi GERD nya. Kira-kira kenapa ya itu dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter

Secara anatomis banyak sekali organ yang berperan dalam keluhan seperti yang Anda rasakan. Rasa nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung misalnya jantung berdebar debar, keringat dingin, disertai nyeri yang menjalar ke lengan.
  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Dari keluhan yang Anda utarakan, tampaknya keluhan Anda mengarah ke kelainan pernapasan, namun tetap harus ditelusuri lebih lanjut dengan pemeriksaan fisik dan foto x-ray. Asam lambung yang meningkat juga dapat menimbulkan gejala seperti rasa sesak nafas dan nyeri dad, bisa saja penyakit GERD Anda belum sembu. Sebaiknya jaga pola makan Anda dan bila kondisi ini sangat menggangu segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter specialis penyakit dalam.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (EA)

Salam,


Tim redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar