Sukses

Luka Pada Kelamin

21 Jan 2014, 11:22 WIB
Pria, 23 tahun.
Dear Dokter, Saya mau tanya, 1 minggu lalu kulit kulup penis saya gatal(saya tidak disunat), kemudian di pagi harinya saya lihat ada bekas merah pada kulit kulup saya(kurang lebih berukuran 2-3 mm, dan berjumlah 2-3 bekas.Terkadang gatalnya datang berulang dimalam hari(sudah 3x sampai saat ini). dan tadi malam ketika saya mandi dan saya cuci dengan sabun seperti terasa sedikit perih, dan merah itu ternyata menjadi 1 kira2 dengan diameter 1,5 cm dan tinggi sekitar 0,5 cm. Bekas kemerahan tersebut mengeluarkan cairan bening dan bila saya sabunin/beri betadin terasa perih. Saya ingin bertanya, apakah itu akibat dari balanitis/jamur/penyakit lainnya? Terima kasih dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Mungkin harus dikaji ulang mengenai keluhan gatal pada penis anda

  • apakah terdapat kelainan kulit sebelumnya di tempat gatal tersebut? seperti bintik-bintik berair atau bintil-bintil?
  • sejak kapankah keluhan ini terjadi?
  • apakah BAK anda ada keluhan? (nyeri, panas, air seni bernanah atau berdarah)
  • Dan apakah ada keluhan lain?

Sulit bagi kami menganalisis dengan minimnya data yang anda berikan. Apabila memang tidak ada faktor risiko Penyakit Menular Seksual (PMS), maka kemungkinannya adalah infeksi, perlukaan karena digaruk, atau penyebab lain. Apabila ada riwayat  berhubungan seksual maka perlu dipirkakn kemungkinan  PMS.

Apabila keluhan ini sangat mengganggu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin karena penyakit kelamin akan lebih mudah ditegakkan apabila dilihat secara langsung. Umumnya setelah melakukan wawancara terhadap Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan alat genital.Jika Anda berusaha untuk mengobati sendiri, ditakutkan pengobatan tidak sesuai dengan penyebab dan masalah tidak tuntas sehingga dapat menyebabkan kelainan yang lebih berbahaya, yang penting untuk sekarang adalah menjaga kebersihan daerah kelamin.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar