Sukses

Nyeri Pinggang Kiri

24 Jan 2014, 06:56 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok sya ingin bertanya apakah suntik tetanus itu mempengaruhi kehamilan? pada saat saya suntik tetanus yg pertma sebelum memikah sya halanganx lancar dan deras namu 1 bln stelah menikah sya suntik tetanus yg kedua namun halangan saya menjadi sedkit drah yg keluar dan berwarna coklat. sya sering mengalami sakit pada pinggang sebelah kiri apabila berhubungan dengan menganjal bgian pinggang sya itu kenapa ya dok? apakah obat penguat rahim mempengaruhi siklus halangan?l karena bulan nov 2013 kmren setelah sya dikasih obat penguat kandungan yg dimasukan dalam anus beserta vitamin siklus halagan sya jadi tidak teratur. dalam satu bulan saya halangan 2 kali. terima kasih dok mhon solusinya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Suntik tetanus tidak berhubungan dengan kehamilan. Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Salah satu penyebab sakit pinggang kronik memang adalah adanya persarafan tulang belakang yang terjepit atau disebut dengan HNP. HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik.

Apakah selama ini siklus haid Anda teratur? Jika ya mungkin saja obat yang Anda dapatkan berpengaruh pada hormon tubuh sehingga siklus menstruasi lebih pendek. Untuk memastikannya, kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan yang menangani Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar