Sukses

Penyebab Wanita Tidak Menstruasi

21 Jan 2014, 10:08 WIB
Pria, 30 tahun.
saya ingin menanyakan beberapa masalah kewanitaan. 1.apakah penyebab wanita tidak menstruasi? 2.wanita yang tidak menstruasi apakah bisa berpengaruh dengan kehamilan?(bisa/tidak memiliki anak) 3.apakah seorang wanita yang tidak mensturasi bisa diakibatkan karena tidak mengkonsumsi buah & sayuran? Tolong berikan solusi untuk permasalahan ini,terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keadaaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita disebut dengan amenore.  Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat (lihat artikel menstruasi).       Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

1. Amenore Primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi.

2. Amenore Sekunder    

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah         menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar   antara 1 – 5%.

Gangguan keseimbangan hormon dapat menyebabkan seorang wanita tidak mendapatkan menstruasi dan dapat berpengaruh terhadap kesuburan dan kemampuan dalam memiliki anak. Untuk itu hal ini perlu segera dikonfirmasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lengkap. 

Konsumsi buah dan sayuran tidak berpengaruh langsung terhadap siklus menstruasi seorang wanita. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi KlikDokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar